Mitra | Organisasi Indonesia |
– PREDIKT Tangguh Indonesia – Universitas Nusa Cendana, Fakultas Kesehatan Masyarakat – Universitas Multimedia Nusantara, Fakultas Seni Rupa dan Desain – ChildFund Indonesia – Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI) | |
Organisasi Australia | |
– Charles Darwin University, Faculty of Arts and Society – University of Western Australia, Graduate School of Education – Harkaway Primary School | |
Peneliti Utama | Dr. Avianto Amri |
Peneliti | Yusra Tebe Rebeka R. Haning Dr. Indra Yohanes Kiling Aditya Satyagraha, S.Sn., M.Ds Fonita Theresia Yoliando, S.Ds., M.A Dr. Rina Suryani Oktari Dr Jonatan Lassa Hermina Manlea, S. Si, M. Env.Sc Jamjam Muzaki Leigh Johnson |
Lokasi penelitian | Nusa Tenggara Timur |
Kata kunci | Pendidikan iklim |
Ringkasan penelitian | Penelitian ini berfokus pada pendidikan iklim dan anak-anak dan kaum muda. Metode aksi dan inklusif bertujuan untuk memahami bagaimana anak-anak dan kaum muda belajar tentang perubahan iklim dengan mengembangkan materi pendidikan melalui aksi pendekatan gamifikasi (edugames) menggunakan media digital dan non-digital yang dirancang agar berkelanjutan, terjangkau, dan mudah ditingkatkan. Tujuan edugames adalah untuk mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri peserta didik untuk berpikir kritis dan kreatif tentang perubahan iklim, untuk mengkomunikasikan risiko secara efektif, untuk mengembangkan tanggung jawab pribadi dan sosial dan menjadi warga negara yang peduli di lingkungan sekitar mereka, dan untuk menghargai keragaman dan kesetaraan gender. |